2021-08-22T07:32:50.548Z2021-08-22T07:50:39.865Z
Sunday, Aug 22, 2021

Check Your Qualities of Life

“Hidup yang berkualitas bukan dihitung dari berapa lama usia, tidak hanya dilihat dari sedikitnya jumlah sakit, namun juga dari jarangnya keluhan yang terlontar.”

Eeehmmm… iya juga ya. Saat terlalu banyak keluhan yang terucap, rasanya hidup menjadi begitu kacau. Ini salah, itu salah. Serba salah, dan seakan-akan tidak ada yang sesuai atau benar dalam hidupnya. Hidup seakan tidak menyenangkan.

Kita hidup tidak sendiri. Kita hidup berdampingan dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang. Bahkan dalam satu keluarga saja, meskipun lahir dari orang tua yang sama, karakter dan kemampuan bisa berbeda. Dengan demikian, sangatlah wajar jika apa yang kita hadapi tidak selalu sesuai dengan keinginan kita. Bahkan adakalanya, kita pun mengeluhkan apa yang ada pada diri sendiri. Kurang tinggilah, kurang cantiklah, kurang pinterlah, dan sebagainya.

Saat kita hanya melihat dari sisi kelemahan atau kekurangan, maka hanya keluhan yang bisa dilontarkan. Namun, apakah hidup yang seperti itu yang kita inginkan?

Setiap manusia memang punya kelemahan dan pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, kita pun telah diberikan oleh Tuhan banyak modal baik dan kemampuan untuk bisa meraih kehidupan yang membaikkan.

Kualitas hidup yang seperti apakah yang kita inginkan?

Mulailah melihat hal baik pada diri kita, meskipun sederhana. Syukurilah. Hargailah setiap kebaikan yang kita terima, sekecil apapun itu. Ucapkan terimakasih kepada yang memberikan, termasuk kepada diri sendiri, yang telah melakukan upaya.

Semakin sering kita melihat sisi baik dari berbagai hal dan situasi, semakin mudah kita menerima dan mensyukuri apa yang telah kita miliki dan dapatkan. Semakin banyak rasa syukur yang diucapkan, maka akan berkurang keluhan yang bisa dikatakan. Saat menemui kekurangan atau kesalahan, bukan keluhan yang keluar, namun menerima, kemudian berpikir dan bertindak, apa yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya.

Jika demikian, bukankah hidup menjadi lebih indah kawan?!

Laela Siddiqah
Educational & Developmental Psychologist, Life & Career Coaching

Related articles

Don't Take Something For Granted
Kenali Ikigaimu dalam waktu kurang dari 5 menit

Related tags

Latest Articles
We use cookies to personalise content and ads, to provide social media features and to analyse our traffic. We alsoshare information about your use of our site with our social media, advertising and analytics partners who may combineit with other information that you’ve provided to them or that they’ve collected from your use of their services. Youconsent to our cookies if you continue to use our website.
ok